PERKEMBANGAN KETATANEGARAAN INDONESIA







Palembang, Media Sriwijaya – Masalah ketatanegaraan di Indonesia saat ini sedang hangat diperbincangkan. Rabu (14/9) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya mengundang seorang yang sangat berkompeten dibidang ketatanegaraan yaitu Prof. Jimly Asshiddiqie. S.H.,M.H dalam rangka memberikan kuliah umum diruang Prof. Amzullian Rifai, Ph.D hall lantai 8 FH tower. Dalam perbincangannya kali ini ia membahas mengenai perkembangan ketatanegaraan di Indonesia yang tidak terlepas dari tiga hal utama yang meliputi rule of law, institutional, dan  culture of law .
            Prof.Jimly Asshiddiqie S.H.,M.H dalam paparannya menyampaikan “mahasiswa harus lah belajar lebih mendalam mengenai ketatanegaraan, mengingat ketatanegaraan  bersifat dinamis yaitu selalu mengalami perubahan berdasarkan perkembangan zaman, terutama sejak 18 tahun terakhir kita dapat melihat suatu prubahan besar baik dari segi aturan, lembaga Negara maupun budaya hukumnya.
            Acara yang sangat menarik perhatian ini, dihadiri oleh Prof.Dr.Ir.H. Anis Saggaf, MSCE (Rektor UNSRI), Dr. Febrian, S.H.,M.S (dekan FH), Dosen , staff dan mahasiswa SI. Magister Ilmu Hukum, Kenotariatan, bahkan Doktoral.
Dr. Febrian, S.H.,M.S selaku dekan menyampaikan “acara seperti ini sangat lah bagus untuk mahasiswa agar dapat membuka pemikiran dan wawasan yang lebih luas, apalagi pada kesempatan kali ini Prof.Jimly yang hadir dibidang HTN, saya berharap agar mahasiswa dapat menjadikannya sebagai inspirasi, karena telah kita ketahui bahwa Prof.Jimly adalah salah satu orang yang sangat berkompeten bi bidang ketatanegaraan”.
            Tanggapan yang sangat baik pun terlihat jelas dari banyaknya mahasiswa yang mengajukan pertanyaan kepada Prof. Jimly Asshiddiqie S.H.,M.H. Nur Intan Susari yaitu salah satu mahasiswa yang ikut serta menghadiri acara ini menyampaikan “kami sangat senang dengan seringnya diadakan kuliah umum seperti ini, karena dengan acara yang seperti ini dan narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya membuat pemikiran kami dapat lebih terbuka, sehingga kami dapat mengetahui lebih luas dan lebih dalam mengenai hal apa saja yang mungkin tidak di ajarkan di kelas.”

            Dr.Febrian S.H.,M.S pun menambahkan “ kegiatan seperti ini saya pikir akan terus kita lakukan, karena dengan kegiatan seperti ini dapat memberikan inspirasi  bagi mahasiswa bahkan dosen. Dan insyaallah kedepannya kita akan terus mengundang pembicara-pembicara terbaik dibidangnya untuk dapat memberikan perkuliahan umum ke mahasiswa kita.  (NAT)





Previous
Next Post »