FAKULTAS HUKUM UNSRI ADAKAN INTERNATIONAL COLLABORATION DENGAN UNIVERSITY OF WASHINGTON

Para peserta intternational collaboration berfoto bersama

Palembang, Media Sriwijaya- Selasa (20/9) University     of   Washington  melakukan kunjungan ke Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya dan juga dihadiri oleh delegasi LESPA (Legal Education Support Program-Afghanistan). Delegasi Afghanistan tersebut difasilitasi oleh pihak University of Washington dibawah koordinasi Prof. Jon Eddy dan Alice Stokke,J.D. Menurut Prof. Jon Eddy selaku LESPA Co-Director “ Indonesia adalah tempat yang tepat bagi delegasi LESPA untuk belajar sebagai negara berpenduduk mayoritas islam yang demokratis padahal penduduknya sangat plural dalam nilai-nilai sosial budaya dan bahasa. Klinik hukum adalah perkembangan baru di AS yang mulai marak antara tahun 1970-1985 dan diapresiasi oleh masyarakat AS karena membangkitakan  kesadaran masyarakat tentang perkembangan ilmu hukum”
Bertempat di Amzulian hall acara ini dihadiri oleh dosen-dosen Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya dan delegasi dari Universitas of Washington serta acara ini sangat dikhususkan untuk mahasiswa yang tengah mengambil mata kuliah Pelatihan Kemayoran Hukum (PLKH) dikarenakan klinik hukum merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiwa tingkat atas. Dalam acara ini terdapat sesi paparan dari keempat klinik hukum yang ada di Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya yaitu Klinik Hukum pidana yang disampaikan oleh  Artha febriansyah S.H.,MH, Klinik Hukum Anti-Korupsi yang disampaikan oleh Indah Febriani, S.H., M.H, Klinik Hukum Perdata disampaikan oleh HJ. Mardiana,S.H.,M.H dan Klinik Hukum Lingkungan disampaikan oleh Agus ngadino, S.H.,M.H.



 “Sebenarnya yang paling penting bagi kita itu adalah memastikan bahwa klinik hukum tetap eksis bukan soal proyek yang pernah dikembangkan oleh organisasi dari luar negri tetapi itu juga harus berkaitan dengan konsepnya yang bisa sangat penting dalam pengembangan kualitas lulusan di perguruan tinggi hukum, Memastikan bahwa klinik hukum itu semakin meningkat kualitasnya sehingga ketika melibatkan para pihak diluar internal kita tidak hanya didalam negeri tapi juga dari pihak luar negeri itu juga berguna dalam hal memastikan proses yang kita kembangkan dalam klinik hukum itu bisa dikontrol, dibandingkan bahkan bisa ditingkatkan kualitas nya sehingga kita juga bisa belajar dari mereka mengenai hal-hal apa saja yang mereka sudah kembangkan tetapi kita belum kembangkan maka kita bisa memanfaatkan itu dan atau sebaliknya”  Komentar  Agus Ngadino,S.H.,M.H selaku penanggungjawab klinik hukum lingkungan.
Mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti acara ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang ditanyakan mengenai pokok bahasan tersebut. Tak kalah antusianya dengan mahasiswa, delegasi dari universitas of washington juga sangat berpartisipasi dalam acara ini. Acara ini berlangsung dari pukul 9 pagi hingga pukul 12 siang. Setelah diadakannya acara international collaboration, Pihak fakultas hukum universitas sriwijaya mengajak delegasi dari universitas of washington untuk berkeliling kota palembang dan dilanjutkan denan menaiki kapal Putri Kembar Dadar untuk berkeliling sungai musi yang merupakan salah satu ciri khas dari kota palembang.


Acara ditutup dengan makan malam bersama yang bertempat di River Side dan dihadiri oleh Harobin Mustopa selaku sekretaris daerah kota palembang suansana sangat berubah ketika seluruh delegasi baik dari universitas of washington maupun universitas sriwijaya berkumpul dan mengakrabkan diri satu sama lain (nbl)
Previous
Next Post »